Select Page
tas seminar batik jogja

tas seminar batik jogja

Readers, pasti penasaran kan dengan produk tas seminar batik jogja dari perusahaan kami? sebelum itu, mari kita simak dulu ya sejarah batik Yogyakarta 🙂 Check this out!

Sejarah Batik Yogyakarta

Perjalanan “Batik Yogya” tidak bisa lepas dari perjanjian Giyanti 1755. Begitu Mataram terbelah dua, dan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat berdiri, busana Mataram diangkut dari Surakarta ke Ngayogyakarta maka Sri Susuhunan Pakubuwono II merancang busana baru dan pakaian adat Kraton Surakarta berbeda dengan busana Yogya.

Di desa Giyanti, perundingan itu berlangsung. Yang hasilnya antara lain , Daerah atau Wilayah Mataram dibagi dua, satu bagian dibawah kekuasaan Sri Paduka Susuhunan PB II di Surakarta Hadiningrat , sebagian lagi dibawah kekuasaan Kanjeng Pangeran Mangkubumi yang setelah dinobatkan sebagai raja bergelar Ngersa Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Sultan Hamengku Buwana Senopati ing Ngalaga Ngabdul Rachman Sayidin Panatagama Kalifatullah ingkang jumeneng kaping I , yang kemudian kratonnya dinamakan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Semua pusaka dan benda-benda keraton juga dibagi dua. Busana Mataraman dibawa ke Yogyakarta, karena Kangjeng Pangeran Mangkubumi yang berkehendak melestarikannya. Oleh karena itu Surakarta dibawah kekuasaan Sri Paduka Susuhunan PB III merancang tata busana baru dan berhasil membuat Busana Adat Keraton Surakarta seperti yang kita lihat sampai sekarang ini.

Ciri khas batik gaya Yogyakarta, ada dua macam latar atau warna dasar kain. Putih dan Hitam. Sementara warna batik bisa putih (warna kain mori), biru tua kehitaman dan coklat soga. Sered atau pinggiran kain, putih, diusahakan tidak sampai pecah sehingga kemasukan soga, baik kain berlatar hitam maupun putih. Ragam hiasnya pertama Geometris : garis miring lerek atau lereng, garis silang atau ceplok dan kawung , serta anyaman dan limaran. Ragam hias yang bersifat kedua non-geometris semen, lung- lungan dan boketan.Ragam hias yang bersifat simbolis erat hubungannya dengan falsafah Hindu – Jawa (Ny.Nian S Jumena) antara lain : Sawat Melambangkan mahkota atau penguasa tinggi, Meru melambangkan gunung atau tanah (bumi), Naga melambangkan air, Burung melambangkan angin atau dunia atas, Lidah api melambangkan nyala atau geni.

 

Tas Seminar Batik Jogja

tas seminar batik jogja

tas seminar batik jogja

Kami adalah spesialis pembuatan paket seminar kit, goodiebag/tas seminar, souvenir event, souvenir perusahaan, dan souvenir promosi. Kami menyediakan berbagai macam tas seminar bermotif batik Yogyakarta, maupun batik khas daerah-daerah lain di Indonesia. Baca juga Jasa Seminar Kit. Segera hubungi kami di :

Office:

Kios Siaga Printing
Gedung Incubie Inkubator Bisnis IPB
Jl. Raya Dramaga – Seberang Pintu Utama IPB
Bogor – Jawa Barat

JAM KERJA 08.00 – 17.00 (Senin – Jumat), 08.00 – 12.00 (Sabtu),
Diluar jam kerja akan kami respon pada hari kerja berikutnya. Harap maklum.

HP/WA    : 0812 9888 1928 atau 0811 1117 813
Email       : paketseminar@gmail.com

 

 

Butuh respon cepat? chat sekarang!