Select Page

Pada zaman ini, sudah tidak asing lagi kata seminar. Banyak instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan yang mengadakan seminar. Nah bagaimana sih membuat acara seminar yang menarik? Simak tips berikut ini!

1. Tentukan tema dan tujuan seminar 

Seminar yang baik adalah seminar yang mempunyai konsep yang jelas. Oleh karena itu penting menentukan tema dan tujuan seminar. Tema yang akan anda angkat nantinya usahakan sejalan dengan isu yang sedang diperbincangkan. Hal ini bertujuan untuk menarik antusias masyarakat. 

Setelah menentukan tema, anda dapat menentukan tujuan dari seminar yang akan anda adakan. Pastikan tujuan anda jelas dan detail, karena hal ini akan berpengaruh pada output dari seminar yang akan anda adakan nantinya.

2. Persiapan yang matang 

Dalam membuat sebuah acara sangat penting untuk melakukan persiapan. Berikut beberapa persiapan yang anda dapat lakukan: 

  • Memilih panitia 

Panitia ini nantinya akan bekerja sesuai dengan divisi atau tupoksi masing-masing. Panitia merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan seminar. Oleh karena itu penting memilih panita yang kompeten dan bertanggung jawab. 

  • Membuat rundown dan risk management 

Pembuatan rundown acara bertujuan untuk membuat susunan acara supaya pelaksanaan acara jelas dan teratur. Selain rundown, pembuatan risk management tidak kalah penting. Risk management atau manajemen resiko adalah manajemen yang dibuat untuk mengatasi hal-hal yang berisiko merusak rundown. Risk management dipersiapkan agar acara dapat berlangsung dengan lancar. 

  • Persiapan konsumsi dan seminar kit

Konsumsi sangat penting disiapkan apabila seminar yang akan anda adakan berlangsung lama. Hal ini bertujuan agar peserta nyaman selama seminar berlangsung. Sehingga peserta betah selama acara berlangsung.

Dalam pengadaan suatu acara penting untuk melakukan promosi. Promosi adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh pembuat acara. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan si pembuat acara. Promosi bisa dilakukan dengan memberikan seminar kit. Pemberian seminar kit yang bagus dan berkualitas bertujuan untuk memberikan kesan yang bagus oleh yang mendalam untuk peserta. 

Seminar kit yang diberikan dapat berupa souvenir seminar. Contoh dari souvenir seminar adalah tas seminar kit, cinderamata unik, tumbler kaca polos, tumbler hitam polos, note seminar.  Jika anda bingung untuk membeli paket seminar kit dimana datang saja ke paket seminar com.

3. Penentuan audiens 

Audiens adalah peserta yang nantinya akan mengikuti seminar anda. Anda harus menentukan siapa audiens anda dan dari kalangan apa. Hal ini nantinya yang akan menjadi pertimbangan dalam pembuatan konsep acara anda. Anda juga harus menentu jumlah audiens anda. Jumlah audiens ini akan menentukan tempat dan kapasitas tempat seminar anda.

4. Pembicara yang kompeten 

Penyeleksian pembicara penting dilakukan karena pembicara nantinya akan menentukan kualitas dari seminar yang anda adakan. Anda harus menentukan kriteria pembicara sesuai dengan tema seminar anda. Selain itu, anda harus memilih pembicara sesuai dengan minat audiens. Hal ini bertujuan untuk menarik minat peserta sehingga peserta yang akan mengikuti seminar anda akan lebih banyak. 

5. Tempat yang nyaman 

Tempat berlangsungnya seminar anda haruslah nyaman. Tujuannya adalah agar peserta betah mengikuti seminar. Ruangan yang terlalu panas atau sesak sangat tidak direkomendasikan. Carilah ruangan yang luas dan memiliki kapasitas yang cukup sesuai dengan jumlah peserta seminar anda. Selain itu cari tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Hal ini kadang dilupakan oleh penyelenggara. Tempat yang panas akan membuat peserta tidak fokus selama acara. 

6. Pemilihan waktu 

Pemilihan waktu ini bertujuan untuk menyesuaikan waktu peserta. Jangan adakan seminar di waktu sibuk. Jika target peserta anda adalah mahasiswa maka akan lebih baik jika anda mengadakan seminar di akhir pekan 

7. Waktu istirahat 

Dalam menyusun rundown acara, waktu istirahat untuk peserta penting untuk diberikan. Pemberian waktu istirahat karena dasarnya manusia tidak dapat berkonsentrasi secara terus menerus (terutama di atas 2-3 jam). Waktu istirahat ini dapat dimanfaatkan peserta untuk melepas penat atau kebosanan. Sehingga peserta dapat fokus lagi untuk mengikuti seminar. 

Berdasarkan tips diatas anda dapat menyelenggarakan seminar yang menarik. Selamat mencoba!

Jika Anda membutuhkan souvenir dan merchandise untuk seminar seperti paket seminar, paket seminar kit, souvenir perusahaan, souvenir instansi, dan berbagai keperluan seminar lainnya, SOUVIA Group (paketseminar.comtasgoodiebag.comsouvia.co.id) menyediakan serta menjual berbagai pilihan souvenir yang dapat menunjang keberlangsungan acara Anda. Temukan souvenir yang indah dan tak terlupakan bersama kami.

Untuk Informasi, konsultasi dan pemesanan, Silahkan hubungi  sales kami di:
Telp / Whatsapp : +6281298881928 (Chalimah)