Select Page
O1119802_Putra DJP CURUP_small

 

Saat menyelenggarakan acara pasti Anda ingin mendatangkan sebanyak-banyaknya peserta? Oleh karena itu penting bagi Anda untuk melakukan program promosi yang tepat agar acara yang Anda buat ramai dan didatangi banyak orang. Apalagi jika Anda adalah pelaku event organizer (EO) maka jumlah peserta bisa menjadi salah satu indikator kesuksesan usaha Anda.

Nah, sebagai pertimbangan, berikut ini beberapa tempat dan cara yang bisa Anda coba untuk mempromosikan sebuah acara.

1. Facebook dan Instagram
Buatlah akun khusus yang mempromosikan acara Anda. Manfaatkan pula layanan iklan di Facebook dan Instagram untuk menjangkau lebih banyak orang. Disarankan untuk menggunakan format video di Facebook dan format foto atau poster di Instagram. Lalu hubungkan dengan situs resmi Anda (jika ada).

2. Situs Resmi Acara
Buatlah situs resmi acara yang akan berlangsung. Anda bisa memuat berbagai informasi yang mungkin dicari oleh calon peserta. Misalnya jadwal acara, pengisi acara, siapa saja pihak yang terlibat, vendor, sponsor, mitra media, dan lainnya. Sediakan pula tombol berbagi ke media sosial, email, atau pesan singkat.

3. Testimoni Peserta dan Influencer
Sebagian calon peserta lebih tertarik melihat rekomendasi dari peserta lain dibandingkan iklan dari penyelenggara. Maka itu, cari dan mintalah testimoni dari peserta di acara sebelumnya, atau dari influencer (orang berpengaruh), yang bisa mempromosikan acara Anda secara halus.

4. Komunitas dan Kelompok Sosial
Jika acara Anda memiliki target yang spesifik, Anda dapat mendekati berbagai komunitas dan kelompok sosial yang memiliki anggota sesuai segmentasi acara Anda. Misalnya, acara pameran kebutuhan ibu dan anak, bisa mendekati dan mengajak komunitas motherhood dan birth club untuk mengundang para anggota mereka untuk hadir.

5. Situs Penjualan Tiket
Kini, banyak jasa penyedia tiket hiburan dan acara yang mudah diakses langsung dari gadget. Anda dapat meletakkan info acara Anda di sini, sekaligus menyediakan saluran penjualan tiket, sehingga mudah dan praktis.

6. Lokasi Acara
Jika lokasi acara Anda juga merupakan tempat umum, yang ramai dikunjungi, misalnya hotel, kafe, restoran, atau working space, maka Anda dapat bekerja sama dengan lokasi tersebut untuk berpromosi. Anda bisa memasang spanduk, banner, bahkan meminta lokasi tersebut menginformasikan keberadaan acara Anda di akun media sosial milik mereka.

7. Pengisi Acara
Apabila pengisi acara Anda adalah publik figur atau selebriti yang punya nama, maka Anda dapat meminta mereka untuk turut mempromosikan acara, baik secara online di media sosial, maupun secara offline kepada kerabat, teman, bahkan grup penggemar dan pengikut mereka. Pengisi acara bisa menjadi faktor daya tarik utama kedatangan peserta pada beberapa jenis acara, seperti pertunjukkan seni, musik, acara bincang-bincang (talkshow), dan seminar.

Sebelum acara berlangsung, bangkitkan rasa ingin tahu calon pengunjung dengan memberikan semacam teaser atau bocoran tentang manfaat dan keunggulan acara Anda. Tak berhenti setelah acara terselenggara, pasca digelarnya acara, Anda masih dapat terus melakukan kegiatan promosi dengan meminta pengunjung membuat ulasan. Dengan demikian, selain mereka yang telah datang dalam acara Anda, calon peserta di kesempatan berikutnya sudah mulai terjaring karena menangkap keseruan yang telah dilewatkannya pada acara sebelumnya. Selamat merancang program promosi untuk acara Anda mendatang!

Sumber : daya.id

 

Jika Anda membutuhkan vendor souvenir dan seminar kit berpengalaman. Anda dapat memesan online melalui website disini atau langsung hubungi CS WA kami di bawah ini :

 

Butuh respon cepat? chat sekarang!
Share via
Copy link