Select Page

Kamu pasti tau bukan? kalau Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang tersebar dari dari ujung Barat Sumatera sampai Timur Papua. Masing-masing daerah memiliki ciri khasnya loh, ditandai dengan adanya berbagai macam Souvenir Unik daerah tersebut. Sebagai contoh kalau kita jalan jalan ke daerah Sumatera tepatnya di bagian utara kita menemukan sebuah souvenir unik khas suku Batak yaitu kain ulos. Namun bukan hanya Kain Ulos saja yang Unik ada banyak Souvenir Unik lainnya yang bisa didapatkan di daerah lain. Berikut daerah yang memiliki Souvenir Unik daerah khasnya masing-masing.

  1. Sumatera Selatan

Souvenir unik khas Kain pertama adalah Songket Palembang. Songket Palembang sudah ada sejak zaman Sriwijaya yang ditandai dari pakaian yang menyelimuti arca-arca di kompleks candi Tanah Abang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Biasanya dalam upacara adat atau selebrasi pernikahan pengantin Palembang mengenakan songket lengkap dengan Aesan Gede (kebesaran), Aesan Penganggon (paksangko), Selendang Mantri, Aesan Gandek dan lainnya. Secara kualitas, jenis kain Songket Palembang adalah salah satu yang terbaik di Indonesia.

2.  Kalimantan Barat

Kemudian beralih ke daerah Kalimantan Barat. Praktik menenun secara tradisional sudah dilakukan secara turun temurun dari masa pemerintahan Raden Bima yang bergelar Sultan Muhammad Tajudin (Sultan ke-2 Sambas). Sampai sekarang kegiatan tersebut masih berlajut dan banyak di geluti masyarakat dengan membuat souvenir unik Songket Sambas. 

Salah satu ciri yang dimiliki oleh Songket Sambas adalah motif pucuk berbentuk rebung segitiga yang memanjang dan lancip. Disebut sebagai pucuk rebung karena merupakan gambaran dari tunas bambu muda.

3. Nusa Tenggara Timur

    1. Siapa yang tidak tau indahnya serta eloknya Nusa Tenggara Timur. Di samping alamnya yang mempesona Nusa Tenggara Timur Memiliki Souvenir Unik yang juga menarik yaitu Tenun Ikat Sumba. Dinamakan Tenun Ikat Sumba karena jenis pembuatan motifnya dilakukan dengan cara diikat. Dengan proses diikat tenun ikat dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu: tenun ikat lungsin, tenun ikat pakan, dan tenun ikat ganda. Tenun ikat hanya dikenal oleh komunitas Sasak di pulau Lombok.

    Tiga daerah tersebut memiliki Souvenir Unik dari kain yang sangat menarik untuk dikoleksi ketika kita berkunjung kesana. Nah kebetulan Paket Seminar juga memiliki Produk Souvenir unik yang menggunakan kain tradisional. Salah satu produknya adalah agenda, pouch, dan berbagai macam tas. Jika anda membutuhkannya dalam bentuk paket kami menyediakan Paket Ethnic yang bisa menggunakan kain dari berbagai motif daerah.

    Untuk Informasi, konsultasi dan pemesanan, Silakan hubungi  sales kami di :
    Telp / Whatsapp : +6281298881928 (Chalimah)

    Butuh respon cepat? chat sekarang!